04. PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBERIAN EDUKASI KEPERAWATAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN TERHADAP KOMPETENSI DAN KEPUASAN PERAWAT DI RUMAH SAKIT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH HARAPAN KITA JAKARTA TAHUN 2019

Oleh : Dewi Meilina (1),  Tri Kurniati (2), Syamsul Anwar (3)

1.Mahasiswa Program Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Muhammadiyah Jakarta

2. 3.Dosen Program Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Muhammadiyah Jakarta

Email: dmrudiyanto@gmail.com

ABSTRAK

Model Contextual Teaching And Learning (CTL)merupakan salah satu pendekatan pembelajaran atau edukasi dengan menghubungkan konsep atau materi akademik kedalam kehidupan dunia nyata, sehingga peserta didik diharapkan mampu menyelesaikan sendiri masalah kehidupannya dengan berkelanjutan. Tujuan: Tujuan penelitian  menganalisis pengaruh penerapan model CTL dalam pemberian edukasi keperawatan Penyakit Jantung bawaan (PJB) terhadap kompetensi dan kepuasan perawat di Rumah Sakit Jantung  Dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta (RSJPDHK). Metode: Desain penelitian dengan menggunakan Quasy-Experiment pre and post with control group. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat yang bertugas di Rawat Anak dan Intermediate Anak  RSJPDHK, Jumlah sampel 40 orang, dibagi 2 kelompok yaitu intervensi dan kontrol,diambil dengan teknik purposive sampling dan metode analisis General Linier Model Repeated Measure ( GLM-RM).Hasil: Hasil penelitian ini yaitu ada  pengaruh pelatihan penerapan model CTL dalam pemberian edukasi keperawatan PJB terhadap peningkatan kompetensi dan peningkatan kepuasaan perawat di RSJPDHK dengan nilai kompeten P value 0,000 dan kepuasan dengan P value 0,000. Kesimpulan:  Penerapan model CTL dalam pemberian edukasi keperawatan PJB sangat mempengaruhi peningkatan kompetensi dan kepuasan perawat dalam pemberian edukasi keperawatan PJB. Saran: Hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif sebagai model dalam pemberian edukasi keperawatan PJB diruang perawatan anak RSJPDHK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *