10. HUBUNGAN ANTARA GRAVIDITAS DAN POLA MAKAN DENGAN HEPERTENSI ESENSIAL PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2018

Oleh : Yeti Yuwansyah, Siti Munawaroh

Program Studi Diploma III Kebidanan

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) YPIB Majalengka

ABSTRAK

Hipertensi pada ibu hamil trimester I merupakan suatu kondisi dimana terjadi tekanan di dalam pembuluh darah arteri yang tidak normal yang dapat dikarenakan oleh faktor graviditas dan pola makan. Kejadian hipertensi pada ibu hamil di UPTD Puskesmas Sumberjaya tahun 2016-2017 mengalami kenaikan 2,0% yaitu dari 6,8% menjadi 8,8%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara graviditas dan pola makan dengan hipertensi esensial pada ibu hamil trimester I di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sumberjaya Kabupaten Majalengka Tahun 2018.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester 1 yang melakukan pemeriksaan kehamilan ke UPTD Puskesmas Sumberjaya sebanyak 69 orang ibu hamil dengan teknik accidental sampling. Analisis datanya menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan kurang dari setengah (36,2%) ibu hamil Trimester I mengalami hipertensi esensial, kurang dari setengah (46,4%) ibu hamil Trimester I primigravida dan  lebih dari setengah (50,7%) ibu hamil Trimester I di pola makannya kurang baik. Ada hubungan antara graviditas (r value = 0,000) dan pola makan (r value = 0,008) dengan hipertensi esensial pada ibu hamil trimester I di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sumberjaya Kabupaten Majalengka Tahun 2018.

Bagi petugas kesehatan agar meningkatkan asuhan kebidanan pada ibu hamil trimester I melalui pelayanan antenatal sesuai standar, memberikan penyuluhan tentang tanda bahaya kehamilan trimester I terutama tentang hipertensi, bagi ibu agar melakukan pemeriksaan kehamilan sesuai dengan standar dan menjaga pola makan serta istirahat secara teratur selama kehamilan dan untuk ibu hamil primigravida agar aktif berkonsultasi dengan petugas kesehatan untuk mendapatkan informasi tentang hipertensi esensial.

Kata Kunci      : Graviditas, Pola Makan, Hipertensi Esensial, Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *